Makalah Amerika Serikat dan Sistem Pemerintahannya


BAB I
PENDAHULUAN


1.1   Latar Belakang
Amerika Serikat ( United States Of Amerika )merupakan negara besar dan maju yang ada di benua Amerika.
Amerika Serikat merupakan tipe ideal dari negara dengan sistem pemerintahan Presidensial. Karena menerapkan ciri-ciri yang ideal dalam menjalankan sistem Pemerintahannya. Ame4rika Serikat juga sebagai pelopor dalam Pemerintahan Presidensial.
Kita tahu bahwa Amerika Serikat adalah negara yang berhasil dengan sistem pemerintahan demokrasi, yang kemudian sistem pemerintahan ini yang dijadikan contoh bagi sistem pemerintahan negara lain.
Dari itu penulis tertarik untuk mengadakan pembuatan karya tulis yang berjudul “ AMERIKA SERIKAT DAN SISTEM PEMERINTAHANNYA “

1.2   Rumusan Masalah
          Agar lebih mudah dalam penyusunan karya tulis ini maka penulis terlebih dahulu mengumpulkan semua data tentang segala sesuatu yang menyangkut negara Amerika Serikat dan sistem pemerintahannya.
          Kemudian penulis merumuskannya ke dalam beberapa pertanyaan yang nantinya akan dijadikan sebagai acuan dan pembahasan.
        Bebrapa pertanyaan tersebut adalah sebagai berikut :
1)      Bagaimana asal mula  terbentuknya nagara Amerika Serikat ?
2)      Bagaimana keadaan geografis Amerika Serikat ?
3)      Bagaimana sistem pemerintahannya ?

1.3   Tujuan Penelitian
        1. Untuk mengetahui asal mula terbentuknya negara Amerika Serikat
        2. Untuk mengetahui bagaimana keadaan geografis Amerika Serikat
        3. Untuk mengetahui bagaimana sitem pemerintahannya

1.4      Metode Penelitian 
Dalam penyusunan karya tulis ini, penulis menggunakan metode/study pengumpulan dan penyusunan data. Yang kemudian dijelaskan atas pertimbangan untuk mempelajari dan mengungkapkan, kemudian menariknya ke dalam tulisan.

1.5      Sistematika Penulisan
            Dalam penulisan karya tulis ini, penulis menggunakan sistematika penulisan sebagai berikut :
            BAB I yang berisi tentang pendahuluan, di mana dalam bab ini penulis mengungkapkan mengenai latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian dan sistematika penulisan
            BAB II berisi tentang pembahasan, di mana dalam bab ini penulis mengungkapkan tentang asal mula terbentuknya Amerika Serikat, keadaan geografis Amerika Serikat, sistem dan pemerintahan negara Amerika Serikat.
        BAB III PENUTUP yang berisi tentang kesimpulan dari pembahasan


BAB II
PEMBAHASAN

2.1      Asal Mula Terbentuknya Amerika Serikat
        Negara Amerika Serikat di proklamirkan sebagai negara merdeka pada tabnggal 4 juli 1776 di Philadephia. Kalau pada awalnya hanya meliputi 13 daerah koloni(daerah bekas jajahan). Kini negara Amerika Serikat meliputi 50 negara bagian termasuk dua yang termuda yaitu hawaii dan Alaska.
        Pada abad ke 19 kekuatan Amerika Sderikat meluas di seluruh benua Amerika Utara Melalui paksaan kekuatan militer,dan diplomasi,Amerika Serikat memperoleh banyak negara-negara bagian lain di dalam dan di luar negeri,seperti kuba dan filipina. Pada tahun 1789 pemerintah berdasarkan konstitusi dimulai dengan presiden pertamanya yaitu George Whasington.

2.2      Keadaan Geografis
2.2.1 Keadaan alam
          Secara astronomis Amerika Serikat terletak diantara 25º-48ºLU dan 110 BB-75ºBB. Secara geografis Amerika Serikat terletak di kawasan benua benua Amerika bagian utara, dan luas wilayahnya ± 9.826.630 km.
          Batas-batas wilayah negara Amerika Serikat adalah sebagai berikut :
a.       Sebelah utara berbatasan dengan Kanada
b.      Sebelah selatan berbatasan dengan Meksiko dan Teluk Meksiko
c.       Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik
d.      Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Pasifik
          Secara garis besar bentang alam negara Amerika Serikat dibagi menjadi tiga bagian :
a.       Dibagian barat terdapat deretan pegunungan yaitu : Sierra Nevada pegunungan Rocky dan pegunungan Cscada. Di daerah ini terbentang daratan yang relatif luas yang terkenal yaitu lembah Mississpi, lembah ini bersifat subur dan dikenal sebagai daerah pertanian
b.      Dibagian tengah daratan rendah yang luas dan memiliki danau besar seperti danau Erie dan danau Superior
c.       Dibagian timur merupakan dataran tinggi dan terbentang dataran pantai Atlantik yang dibatasi oleh pegunungan Appalche di sebelah barat
          Iklim di Amerika Serikat sangat bervariasi yaitu iklim laut sedang, iklim kering, iklim subtropis, iklim dingin dan iklim stepa.
2.2.2        Keadaan Penduduk
Pada tahun 2004 penduduk AS berjumlah ± 293.027.570 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk 32 jiwa/km. Penduduk negara AS terdiri dari 85% orang kulit putih, 12,1% orang kulit hitam, dan 2,9%kelompok etnis lainnya. Salah satu penduduk asli adalah orang Indian yang sekarang jumlahnya tinggal ± 825.000 jiwa dan tinggal di Amerika bagian utara, bahkan di negara bagian.
Agama yang dianut sebagian besar penduduk negara Amerika Serikat adalah Kristen Protestan (33%), Katolik (19%), Yahudi (4%) sedangkan agama lainnya (44%) , bahasa persatuannya adalah bahasa Inggris.
      2.2.3    Tingkat Perekonomian dan Kebudayaan
            Walaupun negara Amerika Serikat dikenal sebagai negara industri utama di dunia, namun peranan pertaniannya cukup penting dalam menopang pendapatan negara dan penduduknya. Daerah pertanian yang terletak di  dataran tinggi,   yaitu :
1)      Daerah gandum musim semi (spring wheat belt) termasuk negara bagian Dakota
2)      Daerah pertanian jagung (Corn belt) di daerah Nebraska, Lowa dan Missouri Utara
3)      Daerah gandum musim dingin (Winter Wheat belt) gandum yang ditanam pada musim gugur dan ditanam pada musim semi terdapat di daerah Missouri, Kansas, Oklahoma, Kentucky dan Tennessee.
4)      Daerah Kapas (cotton belt) terdapat di daerah paling selatan yaitu Arizona, Texas, New Meksiko dan Kalifornia.
5)      Daerah sayur dan buah-buahan terdapat di semenanjung Florida dan Kalifornia.
Peternakan yang paling banyak diusahakan adalah peternakan sapi, dan paling banyak dilakukan di daerah Utara Amerika Serikat.
Amerika Serikat terkenal sebagai negara yang kaya barang tambang. Barang tambang yang dihasilkan adalah nikel, timah, tembaga, mangan, platina, bauksit, emas, batu bara, minyak bumi, gas alam dan permata. Daerah penghasil batu bara yang utama adalah di pegunungan Appachia, sedangkan daerah peleburan bijih besi yang paling utama adalah Pittsburgh ti Pennsylvania. Kota pelabuhan Philadel Phia dan Newyork adalah pelabuhan ekspor utamanya.
Hasil industri Amerika Serikat antara lain : mobil, pesawat terbang, kevtas elektronik, kimi, kain, kayu dan pulp. Selain itu Amerika Serikat dikenal juga sebagai industri perfilman yaitu di daerah Los Angales (Holywood) dan San Fransisco di pantai Pasifik.
Alaska (Barat Amerika) merupakan penghasil emas dan minyak yang potensial, sedangkan Hawai adalah penghasil pertanian tropis, seperti nanas, ebu, kelapa, dan tembakau serta dikenal sebagai daerah kawasan Pariwisata.
Tingkat kebudyaan negara Amerika Serikat tergolong maju, hal ini terbukti dengan kemajuan teknologinya. Amerika Serikat merupakan negara pionir dalam penyelidikan dan penjajahan di angkasa luar itu, Amerika Serikat juga ahli dalam bidang persenjataan mutakhir (modern).
Dalam bidang sastra modern, Amerika Serikat mempunyai Ernest Hemingway yang pernah meraih hadiah Nobel tahun 1954.
2.3   Sistem Pemerintahan Amerika Serikat
        Amerika adalah negara yang berbentuk Republik Federal yang terdiri atas 50 negara bagian yang menggunakan sistem pemerintahan Demokrasi dengan pusat pemerintahannya yang berada di Whasington DC dan pemerintah negara bagian (state).
        Sistem pemerintahan Amerika Serikat didasarkan atas konstitusi (UUD) tahun 1787. Namun konstitusi tersebut telah mengalami beberapa amandemen. Sistem pemerintah Amerika Serikat yang telah berjalan sampai sekarang diusahakan tetap menjalin sistem pemerintah Demokratis, sistem pemerintah yang dianut adalah demokrasi dengan sistem presidensial.
        Kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah presiden. Presiden dan wakil presiden dipilih dalam satu paket (ticket) oleh rakyat secara langsung untuk masa jabatan 4 tahun. Dengan demikian presiden tidak bertanggung jawab kepada kongres. Kongres (badan Legislatif) terdiri dari dua bagian yaitu senat dan dewan perwakilan. Anggota senat dipilih Pemilu di negara bagian yang bersangkutan, tiap negara bagian diwakili oleh 2 orang yang masa jabatannya adalah 6 tahun. Akan tatapi 2/3 anggotanya diperbaharui setiap 2 tahun. Badan perwakilan merupakan perwakilan dari rakyat Amerika Serikat yang dipilih langsung untuk masa jabatan 2 tahun.
        Ditingkat negara bagian juga terdapat Pemilu, untuk mmilih gubernur dan wakil gubernur, serta terdapat Pemilu untuk memilih Wali Kota atau Dewan Kota dan jabatan Publik lainnya. Disamping itu ada parlemen yang terdiri atas dua badan yaitu, senat yang mewakili wilayah yang lebih rendah, setingkat kabupaten dan badan perwakilan sebagai perwakilan negara bagian.

Bentuk Negara                          :   Republik Federal
Kepala Negara                          :   Presiden
Kepala Pemerintahan                :   Presiden
Luas Wilayah                            :   5.658.045 km²
Penduduk                                  :   265.562.845 jiwa
Ibu Kota                                    :   Washington DC
Suku Bangsa                             :   Eropa (Kulit Putih), Negro, Latin Indian
Agama                                       :   Katolik, Protestan, Yahudi
Bahasa                                       :   Inggris, Inggris Amerika,
Mata Uang                                :   Dolar Amerika
Hasil Pertanian                          :   jagung, terigu, kentang, gula
Hasil Tambang                          :   Batu bara, minyak bumi, tembaga, emas, perak, mineral
Jumlah Negara bagian               :   50 Negara bagian

Pokok-pokok sistem pemerintahan Amerika Serikat adalah sebagai berikut :
a). Amerika Serikat adalah negara Republik dengan bentuk federasi (federal) yang terdiri atas 50 negara bagian
b).  Adanya pemisahan kekuasaan yang tegas antara eksekutif, legislatif  dan yudikatif
c).  Kekuasaan eksekutif di pegang oleh Presiden. Presiden. Presiden berkedudukan sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Presiden dan Wakil pressiden dipilih dalam satu paket (ticket) oleh rakyat secara langsung, untuk masa jabatan 4 tahun.  
d).  Kekuasaan legislatif berada pada parlemen yang disebut kongres yang terdiri dari dua bagian yaitu senat dan dewan perwakilan
e).  Kekuasaan yudikatif berada pada Mahkamah Agung (supreme court) yang bebas dari pengaruh dua badan lainnya.
f).  Sistem kepartaian menganut sistem dwi partai (bipartai)
g).  Sistem Pemilu menganut sistem distrik
h).  Sistem Pemerintahan negara bagian menganut prinsip yang sama dengan pemerintah federal


BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari pembahasan bab-bab sebelumnya maka penulis dapat mengambil kesimpulan, yang diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Amerika Serikat di proklamirkan sebagai negara merdeka pada tanggal 4 Juli 1776 di Philaderphia
2.      Secara umum letak geografis Amerika Serikat diantara 25º-48ºLU dan 110 BB-75ºBB dengan luas wilayah ± 9.826.630.km. dan menjadi 3 bagian yang sangat kontras yaitu bagian barat terdapat deretan pegunungan, dibagian tengah merupakan dataran rendah yang luas dan di sebelah timur merupakan dataran tinggi.
3.      Jumlah penduduk Amerika Serikat ± 293.027.570 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk 32 jiwa/km. negara AS di dominasi oleh orang kulit putih (85%). Penduduk aslinya orang Indian yang tinggal di bagian utara. Agama yang paling banyak dianut adalah Kristen Protestan (33%) dan bahasa persatuannya dalah bahasa Inggris.
4.      hasil pertanian yang utama adalah jagng, terigu, kentang, dan gula. Barang tambang yang dihasilkan adalah batu bara, minyak bumi, tembaga, emas dan perak. Tingkat kebuidayaan AS sangat maju hal ini terbukti dengan kemajuan teknologinya bidang militer (persenjataan) dan penjajahan angkasa luar.
5.      Pokok-pokok sistem pemerintahan AS
a.       Bentuk negara Republik Federal, yang terdiri atas 50 negara
b.      Adanya pemisahan kekuasaan yang tegas antara eksekutif, legiuslatif dan yudikatif
c.       Kepala negara dan kepala pemerintahan adalah Presiden, yang dipilih secara langsung oleh rakyat
d.      Kekuasaanm legislatif berada pada parlemen yang disebut kongres, kongres terdiri dari dua bagian (bikameral), yaitu senat dan badan perwakilan ( house of repesentative)
e.       Kekuasaan yudikatif berada pada Amhkanah Agung (Supreme Court)
f.       Sistem kepartaian menganut sistem Dwipartai (Bipartai)
g.      Sistem Pemilu menganut sistem distrik
h.      Sistem pemerintahan negara bagian menganut sistem yang sama dengan pemerintahan federal.

DAFTAR PUSTAKA
  
Mahmudi dkk, 2006 & Pelajaran Geografi
Kelas 3 SLTP, Jakarta ; Putra Sukses
Maryani, E. 1997 Pelajaran Geografi Kelas 3 SLTP, Jakarta ; Mitra Gama Widya
Budiyanto, 2007. Pkn kelas 3 SMA, Jakarta ; Erlangga
Tag : Makalah
0 Komentar untuk "Makalah Amerika Serikat dan Sistem Pemerintahannya"

Silahkan tinggalkan komentar Anda, terima kasih

Back To Top