Batik Daerah dan Gambarnya

Di daerah saya ketika pergi ke undangan sudah menjadi kebiasaan mengenakan baju batik, mungkin di daerah Anda juga sama ya ? Tahu tidak bahwa tiap daerah memiliki corak batik yang berbeda karena merupakan corak batik khas derah tersebut. Seperti berikut ini !


1.    Batik Aceh

Batik Daerah dan Gambarnya












Batik Aceh mengeluarkan warna-warna yang cenderung berani, merah, hijau, kuning, merah muda. Biasanya motif batik Aceh yang tertera pada kain melambangkan falsafah hidup masyarakatnya. Motif pintu misalnya, menunjukkan ukuran tingi pintu yang rendah. Motif tolak angin menjadi perlambang banyaknya ventilasi udara di setiap rumah adat, motif ini mengandung arti bahwa masyarakat Aceh cenderung mudah menerima perbedaan. Motif bunga jeumpa-bunga kantil, diambil karena banyak terdapat di aceh. Kuatnya pengaruh islam juga turut mewarnai motif-motif batik diantaranya ragam hias berbentuk sulur, melingkar, dan garis.

2.    Batik Bengkulu

Batik Daerah dan Gambarnya 












Kain Besurek memiliki motif khas yang bernuansa kaligrafi Jambi dan Cirebon. Adopsi ini akhirnya membentuk sebuah desain batik khas Bengkulu. Batik Kanganga memiliki motif khas yaitu berupa huruf asli Rejang. Motif kain besurek yang bertuliskan huruf arab yang dapat dibaca, kain ini sangat sakral, terutama pada pemakaian kain upacara adat pengantin dan untuk menutupi mayat. Kain jenis ini biasanya berbentuk kerudung wanita calon pengantin yang digunakan untuk upacara ziarah ke makan para leluhur. Kain jenis ini tidak boleh dipergunakan secara sembarangan.

3.    Batik Jambi
Batik Daerah dan Gambarnya 












Kain dasar batik Jambi diberi pewarna alami dari tanaman dan buah-buahan seperti getah kayu dan saga. Warna khas : merah, kuning, biru, hitam. Motif batik Jambi pada umumnya diambil dari alam, seperti tumbuhan, hewan dan aktivitas sehari-hari warga Jambi. Motifnya satu-satu atau biasa disebut ceplokan. Motif batik Jambi yang sangat terkenal adalah motif kapal sanggat, kuau berhias, durian pecah, merak ngeram, tampok manggis.

4.    Batik Padang

Batik Daerah dan Gambarnya














Warna batik Padang kebanyakan hitam, kuning, merah, ungu. Polanya Banyumasan, Indramayuan, Solo, Yogya.


5.    Batik Riau

Batik Daerah dan Gambarnya













Di Riau ada batik Batik Selerang yang sayangnya kabarnya sudah menghilang dan Batik Tabir. Batik Tabir warnanya lebih terang dan cerah seperti merah, kuning, hijau. Corak dan motif batik Riau adalah bunga bintang, sosou, cempaka, kenduduk


6.    Batik Ciamis

Batik Daerah dan Gambarnya













Untuk motif Batik Ciamis adalah campuran dari batik Jawa Tengah dan pengaruh daerah sendiri terutama motif dan warna Garutan.


7.    Batik Cirebon
Batik Daerah dan Gambarnya













Di Cirebon terdapat Batik Pesisiran, Batik Keratonan dan Batik Trusmi. Warna kain secara garis besar cerah dan ceria, merah, pink, biru langit, hijau pupus. Warna batik tradisional terpusat pada tiga warna yaitu krem, hitam, dan cokelat. Batik Keratonan biasanya berwarna coklat soga atau keemasan.

Nah itulah batik-batik dari beberapa derah di Indonesia, semoga dengan mengetahuinya Anda akan semakin mencintai batik. Jangan pernah malu menggunakan batik ya ? batik Indonesia sudah banyak dipakai oleh orang-orang luar negeri terutama dalam berbagai macam pergelaran di luar negeri batik diperkenalkan.
Tag : SBK
0 Komentar untuk "Batik Daerah dan Gambarnya"

Silahkan tinggalkan komentar Anda, terima kasih

Back To Top